Selasa, 08 Mei 2012

TUGAS


TUGAS INDIVIDUAL

1. Identifikasilah:
a) ciri-ciri guru yang baik;
b) ciri-ciri guru yang hebat.
Jawaban:
a) ciri-ciri guru yang baik adalah:Gilbert H. Hunt dalam bukunya Effectve Teaching mengungkapkan, bahwa guru yang baik itu memiliki tujuh kriteria yaitu:
  1. memiliki sifat dan kepribadian
  2. memiliki pengetahuan yang memadai
  3. memiliki tanggung jawab terhadap apa yang disampaikan
  4. mampu memilih bagaimana cara mengajar yang tepat
  5. mampu memberi harapan pada siswa
  6. menerimamasukan, kritik, resiko, dan tantangan
  7. menguasai manajemen kelas
b) ciri-ciri guru yang hebat tentunya telah memenuhi kriteria guru yang baik ditambah dengan beberapa kriteria berikut ini:
  1. memiliki empat kompetensi profesional
  2. cinta mengajar
  3. memiliki passion (dorongan dan cita-cita) yang kuat
  4. mempunyai visi dan idealisme yang jelas
  5. disiplin,tertib dan tegas
  6. mau belajar dan selalu mengikuti perkembangan zaman
  7. menjadi motivator,mediator dan mitra siswanya
  8. kreatif,inovati dan inspiratif

2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi 
"guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"? Mengapa
demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawaban:
Saya akan memilih menjadi guru yang hebat. Alasannya adalah:
  1. Guru yang hebat sudah tentu guru yang baik. Tetapi guru yang baik belum tentu guru yang hebat.
  2. Guru yang baik mampu melakukan tugasnya dengan baik.Guru yang hebat mampu melaksanakan tugas dan juga menginspirasi siswa dan orang disekitarnya.
  3. Guru hebat mampu memberi pelajaran yang dapat dikenang siswanya sepanjang waktu.

3. Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawaban:
Seperti yang telah saya tulis pada Artikel sebelumnya (Tips Membangkitkan Generasi Emas Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA) maka, guru bahasa Indonesia yang ideal itu adalah guru yang dapat memenuhi kriteria guru yang baik dan hebat. Serta hal berikut:
(1)seorang guru bahasa Indonesia haruslah meningkatkan empat kompetensi dasarnya yakni kompetensi pedagodi, kepribadian, sosial dan terutama kompetensi profesionalnya. Kompetensi profesional adalah hal utama yang menunjukkkan profesionalitasnya dalam menguasai bidang uang diajarkan dan menjadi keahliannya.
(2)Kreatif, Inovatif dan Inspiratif
Guru bahasa Indonesia hendalah kreatif, inovatif dan inspiratif baik sebagi pribadi maupun dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus mampu kreatif dalam memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat serta mampu berinovasi sesuai kebutuhan muridnya. Kehadirannya mampu menginspirasi. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia ditantang untuk mampu menyajikan pelajaran bahasa Indonesia sebaik dan semenarik mungkin. Menginspirasi bahawa Bahasa indonesia adalah hal utama yang sama kedudukanny juga dengan meta pelajaran lainnya.
(3)Memiliki keterampilan komunikasi
Seorang guru Bahasa Indonesia harus memiliki keterampilan komunikasi. Keterampilan ini berguna dalam komunikasi dalam pembelajaran maupun dalam hubungan sosial dalam lembaga pendidikan. Selain itu bahasa tak pernah lepas dari komunikasi,bahkan materi pelajaran pun berkaitan dengan komunikasi.
(4)Memahami Hakikat bahasa dalam Kehidupan
Hakikat bahasa adalah untuk komunikasi. Dan bila kita lihat dalam kehidupan ini ada dua hal dasar utama yang dibutuhkan setiap individu yakni keterampilan berbahasa dan keterampilan berhitung. Keterampilan berbahasa agar setiap individu dapat menyimak, menuarakan dan mengkomunikasikan apapaun dalam hidupnya. Keterampilan berhitung dibutuhkan agar setiap indivdu dapat diperhitungkan dalam hidupnya. Ketika guru bahasa Indonesia mampu memahami hakikat ini maka ia mampu menginspirasi dan mengangkat bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang penting serta berharga.
(5)Menguasai Teknologi
Penguasaan teknologi merupakan hal yang mutlak. Karena perkembangan zaman dan juga perkembangan ilmu pengetahuan. Tak hanya teknologi seorang guru bahasa Indonesia pun harus menguasai penggunaan berbagai media pembelajaran.
(6)Melakukan Pembinaan di bidang Bahasa Indonesia
Agar pelajaran bahasa Indonesia terasa manfaatnya maka, guru bahasa Indonesia harus mampu melakukan pembianaan dalam kegiatan atau pelatihan-pelatihan siswa yang bermanfaat pada kehidupa sehari-harinya. Contoh: Pembinaan karya tulis ilmiah, pelatihan penulisan kreatif dan lain sebagainya.

4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawaban:
Tentu ada. Saya sangat terkesan dengan kata-kata yang disampaikan oleh Mendikbud yaitu “ Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri.” Kata-kata ini yang membangkitakan keinginan untuk mau menjadi guru yang hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar