TUGAS
INDIVIDUAL
1. Identifikasilah:
a)
ciri-ciri guru yang baik;
b) ciri-ciri guru yang hebat.
b) ciri-ciri guru yang hebat.
Jawaban:
a)
ciri-ciri guru yang baik adalah:Gilbert H. Hunt dalam bukunya
Effectve
Teaching
mengungkapkan, bahwa guru yang baik itu memiliki tujuh kriteria
yaitu:
- memiliki sifat dan kepribadian
- memiliki pengetahuan yang memadai
- memiliki tanggung jawab terhadap apa yang disampaikan
- mampu memilih bagaimana cara mengajar yang tepat
- mampu memberi harapan pada siswa
- menerimamasukan, kritik, resiko, dan tantangan
- menguasai manajemen kelas
b)
ciri-ciri guru yang hebat tentunya telah memenuhi kriteria guru yang
baik ditambah dengan beberapa kriteria berikut ini:
- memiliki empat kompetensi profesional
- cinta mengajar
- memiliki passion (dorongan dan cita-cita) yang kuat
- mempunyai visi dan idealisme yang jelas
- disiplin,tertib dan tegas
- mau belajar dan selalu mengikuti perkembangan zaman
- menjadi motivator,mediator dan mitra siswanya
- kreatif,inovati dan inspiratif
2.
Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi
"guru
yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"?
Mengapa
demikian?
Tulislah minimal
tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawaban:
Saya
akan memilih menjadi guru yang hebat. Alasannya adalah:
- Guru yang hebat sudah tentu guru yang baik. Tetapi guru yang baik belum tentu guru yang hebat.
- Guru yang baik mampu melakukan tugasnya dengan baik.Guru yang hebat mampu melaksanakan tugas dan juga menginspirasi siswa dan orang disekitarnya.
- Guru hebat mampu memberi pelajaran yang dapat dikenang siswanya sepanjang waktu.
3. Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
Jelaskanlah
menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawaban:
Seperti
yang telah saya tulis pada Artikel sebelumnya (Tips Membangkitkan
Generasi Emas Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA) maka,
guru bahasa Indonesia yang ideal itu adalah guru yang dapat memenuhi
kriteria guru yang baik dan hebat. Serta hal berikut:
(1)seorang
guru bahasa Indonesia haruslah meningkatkan empat kompetensi dasarnya
yakni kompetensi pedagodi, kepribadian, sosial dan terutama
kompetensi profesionalnya. Kompetensi profesional adalah hal utama
yang menunjukkkan profesionalitasnya dalam menguasai bidang uang
diajarkan dan menjadi keahliannya.
(2)Kreatif, Inovatif
dan Inspiratif
Guru bahasa
Indonesia hendalah kreatif, inovatif dan inspiratif baik sebagi
pribadi maupun dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus
mampu kreatif dalam memilih strategi dan model pembelajaran yang
tepat serta mampu berinovasi sesuai kebutuhan muridnya. Kehadirannya
mampu menginspirasi. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia ditantang
untuk mampu menyajikan pelajaran bahasa Indonesia sebaik dan
semenarik mungkin. Menginspirasi bahawa Bahasa indonesia adalah hal
utama yang sama kedudukanny juga dengan meta pelajaran lainnya.
(3)Memiliki
keterampilan komunikasi
Seorang guru Bahasa
Indonesia harus memiliki keterampilan komunikasi. Keterampilan ini
berguna dalam komunikasi dalam pembelajaran maupun dalam hubungan
sosial dalam lembaga pendidikan. Selain itu bahasa tak pernah lepas
dari komunikasi,bahkan materi pelajaran pun berkaitan dengan
komunikasi.
(4)Memahami Hakikat
bahasa dalam Kehidupan
Hakikat bahasa
adalah untuk komunikasi. Dan bila kita lihat dalam kehidupan ini ada
dua hal dasar utama yang dibutuhkan setiap individu yakni
keterampilan berbahasa dan keterampilan berhitung. Keterampilan
berbahasa agar setiap individu dapat menyimak, menuarakan dan
mengkomunikasikan apapaun dalam hidupnya. Keterampilan berhitung
dibutuhkan agar setiap indivdu dapat diperhitungkan dalam hidupnya.
Ketika guru bahasa Indonesia mampu memahami hakikat ini maka ia mampu
menginspirasi dan mengangkat bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang
penting serta berharga.
(5)Menguasai
Teknologi
Penguasaan teknologi
merupakan hal yang mutlak. Karena perkembangan zaman dan juga
perkembangan ilmu pengetahuan. Tak hanya teknologi seorang guru
bahasa Indonesia pun harus menguasai penggunaan berbagai media
pembelajaran.
(6)Melakukan
Pembinaan di bidang Bahasa Indonesia
Agar pelajaran
bahasa Indonesia terasa manfaatnya maka, guru bahasa Indonesia harus
mampu melakukan pembianaan dalam kegiatan atau pelatihan-pelatihan
siswa yang bermanfaat pada kehidupa sehari-harinya. Contoh: Pembinaan
karya tulis ilmiah, pelatihan penulisan kreatif dan lain sebagainya.
4. Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
Jika
ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawaban:
Tentu
ada. Saya sangat terkesan dengan kata-kata yang disampaikan oleh
Mendikbud yaitu “ Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada
muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang
mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat
sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri.” Kata-kata ini yang
membangkitakan keinginan untuk mau menjadi guru yang hebat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar