Selasa, 08 Mei 2012

ARTIKEL GENERASI EMAS


Tips Membangun Generasi Emas
Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

oleh : Yessy Hermawati

Pada tanggal 2 Mei lalu telah dilaksanakan peringatan hari pendidikan nasional dengan tema “Bangkitkan Generasi Emas Indonesia”. Tema tersebut tentunya menyegarkan harapan dan mimpi para komponen dunia pendidikan untuk mewujudkan generasi emas Indonesia. Generasi emas berarti generasi yang memiliki kecemerlangan dan kompetensi yang mumpuni dalam bidang keilmuan,pengetahuan, teknologi dan seni. Generasi emas diharapkan dapat membawa perubahan terhadap bangsa Indonesia. Karena generasi ini memiliki kompetensi dan karakter yang akan dibentuk sedini mungkin.
Peringatan Hardiknas sebaiknya janganlah hanya euforia seremoni saja,tetapi juga dijadikan momentum bagi pendidik dan tenaga pendidikan untuk terus membenahi diri, meningkatkan kompetensi dan semanagat dalam upaya mewujudkan generasi emas tersebut. Sementara, pengelola lembaga pendidikan dan pembuat kebijakan pendidikan terus berupaya memperbaiki sistem dan membenahi masalah-masalah yang ada dalam pendidikan.
Generasi emas tersebut akan terwujud apabila semua pihak segera melakukan perbaikan dan pengembangan kualitas. Guru bahasa Indonesia pun memegang peranan penting dalam membangkitkan generasi emas ini. Berikut ini beberapa tips untuk guru Bahasa Indonesia terutama tingkat SMA agar dapat memberi kontribusi dalam membangkitkan generasi emas, yaitu:


  1. Tingkatkan Kompetensi
    seorang guru bahasa Indonesia haruslah meningkatkan empat kompetensi dasarnya yakni kompetensi pedagodi, kepribadian, sosial dan terutama kompetensi profesionalnya. Kompetensi profesional adalah hal utama yang menunjukkkan profesionalitasnya dalam menguasai bidang uang diajarkan dan menjadi keahliannya.
  2. Kreatif, Inovatif dan Inspiratif
    Guru bahasa Indonesia hendalah kreatif, inovatif dan inspiratif baik sebagi pribadi maupun dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus mampu kreatif dalam memilih strategi dan model pembelajaran yang tepat serta mampu berinovasi sesuai kebutuhan muridnya. Kehadirannya mampu menginspirasi. Dalam hal ini guru bahasa Indonesia ditantang untuk mampu menyajikan pelajaran bahasa Indonesia sebaik dan semenarik mungkin. Menginspirasi bahawa Bahasa indonesia adalah hal utama yang sama kedudukanny juga dengan meta pelajaran lainnya.
  3. Memiliki keterampilan komunikasi
    Seorang guru Bahasa Indonesia harus memiliki keterampilan komunikasi. Keterampilan ini berguna dalam komunikasi dalam pembelajaran maupun dalam hubungan sosial dalam lembaga pendidikan. Selain itu bahasa tak pernah lepas dari komunikasi,bahkan materi pelajaran pun berkaitan dengan komunikasi.
  4. Memahami Hakikat bahasa dalam Kehidupan
    Hakikat bahasa adalah untuk komunikasi. Dan bila kita lihat dalam kehidupan ini ada dua hal dasar utama yang dibutuhkan setiap individu yakni keterampilan berbahasa dan keterampilan berhitung. Keterampilan berbahasa agar setiap individu dapat menyimak, menuarakan dan mengkomunikasikan apapaun dalam hidupnya. Keterampilan berhitung dibutuhkan agar setiap indivdu dapat diperhitungkan dalam hidupnya. Ketika guru bahasa Indonesia mampu memahami hakikat ini maka ia mampu menginspirasi dan mengangkat bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang penting serta berharga.
  5. Menguasai Teknologi
    Penguasaan teknologi merupakan hal yang mutlak. Karena perkembangan zaman dan juga perkembangan ilmu pengetahuan. Tak hanya teknologi seorang guru bahasa Indonesia pun harus menguasai penggunaan berbagai media pembelajaran.
  6. Melakukan Pembinaan di bidang Bahasa Indonesia
    Agar pelajaran bahasa Indonesia terasa manfaatnya maka, guru bahasa Indonesia harus mampu melakukan pembianaan dalam kegiatan atau pelatihan-pelatihan siswa yang bermanfaat pada kehidupa sehari-harinya. Contoh: Pembinaan karya tulis ilmiah, pelatihan penulisan kreatif dan lain sebagainya.
Semua tips di atas adalah sebagian tips yang dapat dijadikan masukan untuk menjadi guru bahasa Indonesia terutama di tingkat SMA. Tips tersebut beguna bagi guru Bahasa Indonesia dalam menyumbangkan kontribusinya untuk membangkitkan generasi emas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar