Senin, 02 April 2012

Penelitian Sosiolinguitik


PENGARUH LATARBELAKANG SUKU DAN KARAKTER
TERHADAP DIKSI PADA STATUS DI FACEBOOK
oleh Yessy Hermawati

ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak pada semakin bervariasinya bahasa yang digunakan dalam komunikasi antar manusia. Salah satu media informasi tersebut adalah situs jejaring sosial Facebook. Kegiatan dalam facebook tersebut merupakan salah satu wujud nyata penggunaan bahasa di masyarakat. Untuk itu penulis tertarik untuk memahami bahasa facebook dan hal-hal lain yang mempengaruhi bahasa tersebut.
Penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Suku dan Karakter terhadap diksi pada status di Facebook”. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik penggunaan bahasa pada status facebook akun penulis,(2) mendeskripsikan pengaruh pilihan kata (diksi) terhadap penggunaan bahasa pada status facebook akun penulis, (3) mendeskripsikan pengaruh latar belakang suku dan karakter terhadap diksi pada status facebook akun penulis, (4) mengetahui hubungan latar belakang suku dan karkter terhadap diksi pada status facebook akun penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian adalah bahasa tulis yang berupa satuan lingual yang terdapat pada akun facebook. Sumber data dalam penelitian ini adalah status facebook pada tiga akun mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Uninus pada 25 Oktober sampai 25 November 2011 sebanyak 14 status pada masing akun serta keterangan-keterangan yang diperlukan. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik catat, teknik telaah dokumen, dan teknik wawancara.
Dari analisis data pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa (1) pada status facebook tersebut terdapat berbagai jenis karakteristik penggunaan bahasa yaitu: (a) adanya perubahan huruf sebagai variasi penulisan;(b) Penghilangan huruf dalam penulisan kata;(c) Adanya singkatan dan akronim;(d) Kata fatis;(e) Kata Prokem.(f) Penyisipan kosa kata asing;(g) Penggunaan Emotikon, (2) semakin banyak jenis karakteristik diksi pada bahasa facebook digunakan dalam satu status, semakin sulit pembaca untuk memahami makna pada satuan lingual yang ditulis .Pilihan diksi pada status mempengaruhi kesantunan bahasa. (3) latar belakang suku juga dapat mempengaruhi pilihan kata pengguna facebook dalam membuat status pada facebook.(4) bahasa dan pikiran saling mempengaruhi. Pikiran merupakan penbentuk utama sebuah karakter. Karakter seseorang akan mempengaruhi prilaku bahasanya terutama dalam menggunakan diksi dalam bahasanya. Diksi yang digunakan selalu sesuai dengan karakternya dan karakter pun dapat dilihat dari diksi atau bahasa yang digunakan.

Kata Kunci: Bahasa facebook, diksi, suku dan karakter.

1 komentar: